Kamis, 12 Juni 2008

CONTOH PROPOSAL EVALUASI PELAKSANAAN UPACARA BENDERA HARI SENIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA PLOSO PACITAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Salah satu tujuan Negara Republik Indonesia seperti yan tercantum dalam pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin upaya memajukan bangsa dengan meningkatkan kedisiplinan, terutama generasi muda sebagai tulang punggung Negara. Upacara bendera pada tiap-tiap hari Senin merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dalam membangun karakter bangsa. Tanpa kedisiplinan yang mantap, generasi muda akan lemah dalam mengawal bangsa ini. Kedisiplinan dapat dibentuk melalui kegiatan upacara bendera di sekolah.
Tidak dipungkiri, bahwa masih banyak kegiatan upacara bendera yang jauh dari harapan, yang kurang sesuai dengan standard aturan.Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka penulis akan mengevaluasi kegiatan ini, dengan harapan dari hasil evaluasi nanti akan dapat memberi masukan kepada pihak terkait guna peningkatan kualitas upacara bendera di sekolah.
Selain akan membentuk kedisiplinan siswa, dengan pelaksanaan upacara di sekolah setiap hari Senin, siswa-siswa juga akan terbentuk kepribadiannya, terlatih tentang baris-berbarisnya, dan teruji mentalnya di hadapan orang banyak. Melalui kegiatan ini, jelas sangat bermanfaat dan penting sehingga sangat baik untuk dievaluasi, demi peningkatan kualitasnya.

B. Identifikasi masalah
Permasalahan yang muncul berkaitan dengan pelaksanaan upacara bendera di MI AL-HUDA Ploso antara lain:
Bagaimanakah pelaksanaan upacara bendera di MI AL-HUDA Ploso?
Siapa yang harus mengikuti upacara bendera di sekolah?
Faktor apa saja yang mendorong lancarnya upacara dan yang menghambat jalannya upacara bendera?
Bagaimana siswa-siswa mengikuti jalannya upacara bendera?
Bagaimana para guru mengikuti jalannya upacara bendera?
Bagaimana lingkungan sekolah ketika sedang dilaksanakan upacara bendera?
Perilaku apa saja yang tampak dari siswa yang selalu mengikuti upacara bendera?
C. Pembatasan Masalah
Guna membatasi kegiatan evaluasi dalam kegiatan upacara bendera di MI AL-HUDA Ploso, penulis membatasi permasalahan sebagai berikut:
Bagaimanakah pelaksanaan upacara bendera di MI AL-HUDA Ploso?
Faktor apa saja yang mendorong lancarnya upacara bendera dan yang menghambat jalannya upacara bendera?
D. Tujuan Evalusai
Tujuan Umum:
Secara umum evaluasi pada kegiatan ini bertujuan melihat sejauh mana pelaksanan upacara bendera di MI AL-HUDA Ploso pada tiap-tiap hari Senin, apakah sudah semua siswa melaksanakan upacara bendera dengan baik, mengetahui kelengkapan seragam sekolah, dan waktu pelaksanaan upacara bendera.

Tujuan Khusus:
1. Mengetahui ketepatan waktu pelaksanaan.
2. Mengetahui faktor-faktor yang mendukung lancarnya upacara bendera.
3. Mengetahui factor-faktor yang menghambat pelaksanaan upacara bendera.
4. Mengetahui kesiapan petugas upacara bendera.
5. Mengetahui kelengkapan alat-alat/sarana upacara.
6. Mengetahui kelengkapan peserta upacara.
7. Mengetahui kelayakan tempat/halaman upacara.
8. Mengetahui ketepatan waktu bagi petugas upacara dan peserta upacara.

E. Manfaat evaluasi kegiatan
Dari kegiatan evaluasi pelaksanaan upacara bendera ini, manfaat yang akan diperoleh seperti berikut ini:
Memberikan masukan kepada sekolah/madrasah tentang pelaksanaan upacara bendera secara umum tiap hari Senin.
Memberikan masukan kepada guru/petugas pelatih upacara bendera tentang hal-hal yang kurang sesuai saat pelaksanaan upacara bendera.
Memberikan masukan kepada siswa tentang bagaimana bertugas yang baik saat upacara bendera.
Memberikan masukan kepada sekolah untuk menindak lanjuti terhadap siswa yang berprestasi sebagai petugas upacara bendera yang terbaik.


BAB II
METODOLOGI EVALUASI
1. Rancangan Evaluasi
Pelaksanaan evaluasi pada kegiatan upacara bendera di MI AL-HUDA Ploso ini bersifat kualitatif, karena data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif/dari lapangan. Evaluasi ini juga bersifat deskriptif analisis karena berupaya mengungkapkan dan menganalisis data-data atau gejala-gejala yang didapatkan.
Ditinjau dari jenisnya, kegiatan evaluasi ini dapat dikategorikan sebagai kegiatan evaluasi kasus (case study), yaitu mengevaluasi tentang status subyek evaluasi yang berkenaan dengan status fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas. Evaluasi ini dilakukan secara intensif, terinci, terhadap pelaksanaan upacara bendera di Madrasah Ibtidaiyah AL-HUDA Ploso Pacitan.
2. Sifat dan Objek Evaluasi
Evaluasi ini bersifat deskriptif, yaitu evaluasi untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belaka. Status kelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang.
Objek yang akan dievaluasi adalah peserta upacara bendera di MI AL-HUDA Ploso pada hari Senin. Penulis mengambil tempat ini karena MI AL-HUDA Ploso karena merupakan salah satu Madrasah yang tergolong baik di Kecamatan Pacitan.

3. Metode Pengumpulan Data
Evaluasi program tentang”Pelaksanaan upacara bendera di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Ploso Pacitan” menggunakan metode pengumpulan data:
a. Observasi langsung
Penulis mencermati secara langsung pelaksanaan upacara bendera hari Senin di MI AL-HUDA Ploso Pacitan. Hal ini penulis lakukan karena data dari observasi langsung lebih terjamin keasliannya, jelas kebenarannya, dan lebih lengkap.

b. Wawancara
Untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam dan guna mengkaji data-data, maka penulis melakukan wawancara. Dalam hal ini penulis mewawancarai komponen-komponen pelaksanaan upacara bendera yang ada di MI AL-HUDA Ploso Pacitan antara lain:
1. Kepala Madrasah
2. Guru
3. Petugas upacara bendera
4. Pelatih upacara bendera
5. Peseta upacara bendera dari siswa

4. Teknik Analisis Data
Berdasarkan tujuan penelitian yang hendak dicapai, maka teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Deskriptif digunakan untuk menemukan fakta dengan interpretasi yang tepat terhadap data-data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dan dianalisa berbagai kendala yang dihadapi oleh sekolah, guru, dan pelatih untuk dicarikan solusinya sehingga dapat disimpulkan untuk dicarikan solusinya dan rencana tindak lanjutnya.

5. Kisi-kisi penyusunan komponen
Komponen yang terdapat pada pelaksanaan kegiatan upacara bendera hari Senin di madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Ploso ini adalah sebagai berikut:
1. Pembina upacara
2. Pemimpin upacara.
3. Regu penyanyi
4. Pemimpin lagu/dirigen
5. Pimpinan pasukan kelas
6. Pimpinan penjuru kanan
7. Pembaca UUD 1945
8. Pembawa text Pancasila
9. Pembaca do’a
10. Pembaca susunan upacara/protocol
11. Peserta upacara (kelas 1 – 6)
12. Alat-alat upacara (bendera, text pembukaan UUD 1945, text pancasila, text do’a, text susunan upacara)
13. Sarana upacara/sound sistem
14. Tempat/halaman upacara.
Guna mempermudah melihat keterhubungan antara indikator, sumber data, metode dan instrumen, maka kisi-kisi sangatlah penting untuk dipergunakan. Dalam kegiatan upacara bendera hari Senin di madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Ploso ini, penulis membuat kisi-kisi sebagai berikut:

KISI-KISI
Komponen
Indikator
Sumber data
Metode
Instrumen
Pembina upacara
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Isi amanat
- Kesesuaian waktu amanat
- Ketepatan waktu

-pembina upacara
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pemimpin upacara.
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Ketegasan aba-aba
- Ketepatan waktu

-pemimpin upacara
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Regu penyanyi
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- kekompakan
- ketepatan waktu

-regu penyanyi
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pemimpin lagu/dirigen
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Ketegasan aba-aba
- ketepatan waktu

-dirigen
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pimpinan pasukan kelas
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Ketegasan aba-aba
- Ketepatan waktu
-pemimpin pasukan kelas
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pimpinan penjuru kanan
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Ketegasan aba-aba
- Ketepatan waktu

-pemimpin penjuru kanan
-peserta upacara
wawancara
Panduan wawancara
Pembaca UUD 1945
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Kelantangan bacaan
- Kefasihan ucapan
- Ketepatan waktu

-pembaca UUD 1945
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pembawa text Pancasila
- Penampilan
- Seragam
- Ketepatan waktu
-pembawa text pancasila
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pembaca do’a
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Kefasihan ucapan
- Ketepatan waktu

-pembaca do’a
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pembaca susunan upacara/protocol
- Penampilan
- Seragam
- Suara
- Kefasihan ucapan
- Ketepatan jedda antar acara
- Ketepatan waktu

-protokol
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Peserta upacara (kelas 1 – 6)
- Penampilan
- Seragam
- ketertiban
- ketepatan waktu
-kepala sekolah/guru
-peserta upacara


wawancara
Panduan wawancara
Alat-alat upacara (bendera, text pembukaan UUD 1945, text pancasila, text do’a, text susunan upacara)
- ketersediaan
- kelayakan
- kemudahan
- keamanan

-petugas upacara
-peserta upacara
-guru
-alat upacara

-wawancara
-observasi
-Panduan wawancara
-Panduan observasi
Sarana upacara/sound sistem
- ketersediaan
- kelayakan
- kemudahan
- keamanan
-pembina upacara
-peserta upacara
-sound sistem

-wawancara
-observasi
-Panduan wawancara
-panduan observasi

Tempat/halaman upacara.
- ketersediaan
- kelayakan
- keamanan dan kenyamanan
-tempat upacara
-peserta upacara

wawancara
Panduan wawancara
Pelatih/perwira upacara bendera
- kesiapan
- ketegasan melatih
- kemampuan materi upacara sipil
-pelatih upacara
-peserta upacara
-guru

wawancara
Panduan wawancara








BAB III
HASIL EVALUASI PROGRAM

Dari hasil pengamatan yang diperoleh melalui observasi langsung saat pelaksanaan upacara bendera dan wawancara kepada kepala sekolah, guru, petugas upacara bendera, dan pelatih upacara bendera dituangkan kedalam laporan hasil evaluasi sebelum nanti pada kesimpulan akhir.
Berikut ini adalah panduan untuk metode pengumpulan data dengan:
a. Observasi langsung
Pada saat observasi, evaluator datang ke tempat upacara bendera dan menyaksikan sendiri jalannya pelaksanaan upacara bendera. Dengan berbekal lembaran check list, evaluator mengevaluasi jalannya upacara bendera di madrasah Ibtidauyah AL-HUDA. Check list yang penulis buat untuk observasi langsung adalah:
No
Item dievaluasi
Ada
Tidak ada
1
Petugas upacara bendera

Pemimpin upacara bendera



Petugas pengibar bendera



Pembaca UUD 1945



Pembaca Do’a



Pembawa Text Pancasila



Regu penyanyi



Dirijen



Pemimpin regu kelas



Penjuru kanan



Protokol



Perwira upacara bendera


2
Perserta upacara bendera

Pembina upacara bendera



Peserta dari Guru



Peserta siswa kelas 1 - 6


3
Sarana upacara bendera

Kelengkapan sound sistem



Kelengkapan alat upacara



Podium


4
Kelengkapan seragam peserta upacara bendera

Item dinilai
Semua Lengkap
Sebagian besar lengkap
Sebagian kecil Tidak lengkap

Pemakaian topi




Pemakaian dasi




Pemakaian atribut pakaian




Kesamaan warna seragam




Pemakaian sepatu hitam




Pemakaian kaus kaki putih




Pemakaian ikat pinggang hitam



5
Kelengkapan seragam dan atribut petugas upacara bendera

Kelengkapan seragam




Pemakaian kaus tangan bagi pengibar bendera




Pemakaian shawl merah bagi petugas




b. Wawancara
Pada saat wawancara, evaluator diharapkan dapat bertemu sendiri kepada kepala sekolah, guru, petugas upacara bendera, dan pelatih upacara bendera. Evaluator harus jeli dan pandai membawa pada situasi yang kondusif, menyenangkan, sehingga orang yang diwawancarai akan dapat memberikan jawaban secara optimal, jujur, dan terbuka, sehingga data yang diharapkan akan dapat digali selengkap-lengkapnya.Berikut ini pedoman wawancara yang digunakan:

Untuk Kepala Sekolah
1. Bagaimana perencanaan upacara bendera setiap hari Senin?
1. 2. Bagaimana upaya kepala sekolah membina siswa agar selalu mengikuti upacara bendera?
1. 3. Bagaimana upaya kepala sekolah mengupayakan guru agar selalu mengikuti upacara bendera?
1. 4. Bagaimana upaya kepala sekolah upacara bendera dilaksanakan tepat waktu?

2. Untuk guru
2. 1. Bagaimana guru mengupayakan selalu mengikuti upacara bendera?
2. 2. Bagaimana semua guru mengupayakan datang tepat waktu saat upacara bendera?
2. 3. Bagaimana upaya guru mengatur siswa-siswa saat pelaksanaan upacara bendera?


3. Untuk petugas upacara bendera
3. 1. Bagaimana upaya petugas upacara bendera dalam mempersiapkan diri menjadi peserta upacara?
3. 2. Bagaimana upaya petugas upacara bendera dalam berlatih dan menjadwal waktu berlatih sebagai menjadi peserta upacara?
3. 3. Bagaimana upaya petugas upacara bendera dalam mempersiapkan diri tampil maksimal saat upacara bendera berlangsung?
3. 4. Apa kiat-kiat yang dibutuhkan agar mental tidak gugup dan gemetar saat melaksanakan upacara bendera?
4. Untuk pelatih upacara bendera
4.1. Bagaimana upaya pelatih upacara bendera dalam mempersiapkan petugas upacara bendera?
4. 2. Bagaimana upaya pelatih upacara bendera dalam menerapkan disiplin kepada petugas upacara bendera?
4. 3. Bagaimana upaya pelatih upacara bendera dalam kualitas performance petugas upacara bendera?
5. Untuk peserta upacara bendera
4.1. Bagaimana upaya peserta upacara bendera dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti upacara bendera?
4. 2. Bagaimana upaya peserta upacara bendera dalam menerapkan disiplin selama berlangsungnya upacara bendera?


BAB IV
KESIMPULAN

Setelah melaksanakan evaluasi dan mendapatkan data-data, langkah terakhir adalah menarik kesimpulan. Kesimpulan yang diambil akan berpengaruh terhadap rencana tindak lanjut dari evaluasi program tersebut, dalam hal ini evaluasi pelaksanaan upacara bendera hari Senin di sekolah.
Kesimpulan tersebut akan mengungkap tentang bagaimana pelaksanaan upacara bendera di sekolah, dan faktor-faktor pendukung yang menyebabkan lancarnya pelaksanaan upacara bendera di sekolah, serta faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan upacara bendera di sekolah.
Selain itu, hasil evaluasi tersebut sandingkan pada acuan standard pelaksanaan upacara sipil Tata Upacara Sipil (TUS), yang diterbitkan oleh pemerintah melalui departeme terkait, sehingga dari hasil evaluasi ini, sekolah akan dapat menentukan tindak lanjut secara tepat hal-hal terkait tentang upacara bendera setiap hari Senin di sekolah.

-o0o-

Jika ada yang bermanfaat dari tulisan ini, boleh diambil, tapi Tulisan ini masih jauh dari sempurna. segala kesalahan mohon maaf kepada para pembaca.

Tidak ada komentar: